MEMBUAT DIRECT VARIABLE EQUATION PADA ZW3D

Halo Sobat 3D semuanya, tentu setiap designer menginginkan kecepatan dan ketepatan dalam pembuatan Design 3D, dimana kecepatan dan ketepatan itu kadang kala tidak sesuai dengan yang kita inginkan, dan tentunya untuk mendapatkan proses design dengan cepat dan tepat tentu kita harus dapat memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia pada software 3D yang kita gunakan secara optimal.

Pada artikel ini kita akan membahas tentang penggunan / pembuatan Equation pada software ZW3D. dimana dengan penggunaan equation kita dapat menginput ukuran dimensi dengan Cepat dan Tepat. Ada 3 cara untuk menginput variable / nilai pada Equation di ZW 3D, yaitu secara Direct pada Equation tab di ZW 3D, atau dengan cara meng-import dari Excel. Kita akan berfokus pada pembuatan / penggunaan Equation dengan cara Direct. Yuk,simak tips berikut ini !

  1. Fitur Equation pada ZW 3D dapat kita akses pada command manager “Tools”, lalu bisa kita temukan pada bagian pojok kiri dengan nama Fitur “Equation Manager”.

2. Dapat terlihat cukup banyak kotak yang harus kita isikan dan juga pilihan-pilihan lainnya, yang tentunya dapat membuat kita bingung dalam pertama kali pemakaian Equation di ZW 3D ini, berikut fungsi inti dari tiap menu nya :

3. Untuk melakukan Direct input kita dapat mengisikan kotak table pada bagian yang ditunjukkan gambar berikut ini :

Kita tentukan dulu untuk Tipe dan Jenis yang akan kita input (1)

Berikan nama sesuai dengan dimensi yang akan diinput dengan equation (2)

Isikan berapa besaran nilai / dimensi tersebut pada tab Expression (3)

Jika diperlukan keterangan bisa diisikan pada Description box (4)

4. Lakukan input terlebih dahulu untuk variable Panjang seperti gambar berikut.

5. Jika semua variable telah kita input, maka kita bisa mengklik pada tanda Centang “Ok” untuk menginput variable tersebut.  Maka variable yang telah kita input, akan ter list pada bagian atas.

6. Lakukan Input selanjutnya untuk variable Lebar dan Tinggi, dengan nilai 75 mm dan 10 mm.

7. Klik “Apply” lalu klik “Ok” untuk keluar dari peng-inputan Equations.

8. Buat Sketsa sebuah “Center Rectangle” dan pada isian tab Panjang Lebar kotak tersebut, kita ketikkan sesuai dengan nama Variable di Equations. Isikan Panjang dan Lebar.

9. Secara otomatis dapat dilihan pada dimensi Sketsa Rectangle tersebut akan terisi sesuai dengan nilai di Equations.

10. Klik”Ok”, lalu buat “Extrude” dan pada ketebalan diisikan sesuai dengan nama Variable di Equations, yaitu Tinggi.

11. Secara Otomatis akan terinput nilai dimensi-nya sesuai dengan di Equations.

Sekian Tips and Trick ZW 3D kali ini, silahkan dicoba dan apabila ada kendala dapat langsung menghubungi Technical Support kami PT Ardata Design Solusi. Terima Kasih.