ZWCAD Vs AutoCAD – Fitur dan persamaan

Apa sih perbedaan, persamaan dan keunggulan dari fitur-fitur yang ada pada kedua software CAD tersebut ?

Sebelum kita membahas tentang kedua software CAD atau kepanjangan dari computer aided design, ada baiknya kita mengetahuinya terlebih dahulu tentang ZWCAD dan AutoCAD

AutoCad

Jika kita berbicara tentang software cad pasti kita familiar dengan AutoCAD karena Autodesk pertama kali merilisnya pada bulan Desember tahun 1982 oleh John Walker, AutoCAD merupakan aplikasi perangkat lunak untuk desain CAD dalam format 2D ataupn 3D. Tetapi ternyata perangkat lunak ini bukan satu-satunya alat untuk menggambar draft dengan komputer saja.

autodesk autocad 2020
Autodesk Autocad
Autocad mechanical

ZWCAD

ZWCAD adalah program CAD yang dikembangkan oleh ZWSOFT, atau lengkapnya Zwcad Software Co., Ltd. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1998, program ZWCAD telah beredar di pasar sejak tahun 2002 dan telah didistribusikan secara internasional sejak tahun 2004.

Antarmuka pengguna dan pengoperasian ZWCAD sebagian besar sama persis dengan program yang kita kenal seperti AutoCAD. Zwcad kompatibel dengan DWG, gambar 2D dan gambar 3D

zwcad 2020

Dengan Format file seperti: DWG / DXF (R14-2013), DWT, SAT, BMP, WMF, PDF. Zwcad menawarkan fungsi seperti blok dinamis, palet alat (pustaka), DesignCenter, palet properti, Smart Voice, Smart Mouse, sinkronisasi dengan smartphone dan tablet melalui penyimpanan cloud, CUI, API (LISP, VBA, ZRX, .NET).

Zwcad juga menawarkan untuk versi ZWCAD Mechanical dan ZWCAD Architecture untuk solusi spesifik industri dan para arsitek.

Mari kita lihat Beberapa contoh persamaan fungsi dan fitur yang sering digunakan dari kedua software ini pada AutoCAD yang terdapat pada ZWCAD :

  • Seperti Dapat menggunakan command line.
    – Command line dapat anda ubah sesuai dengan kebutuhan.
  • Dapat menggunakan bahasa pemrograman AutoLISP dan VBA.
  • User Interface 90% sama dengan AutoCAD
  • Kompatibel dengan DWG AutoCAD

Tetapi saat ini ZWCAD masih belum bisa membaca dynamic block layaknya AutoCAD, jika pada drawing terdapat objek dynamic block yang sebelumnya telah dibuat pada AutoCAD, maka dynamic block tersebut hanya terbaca seperti block biasa. tetapi hal ini tidak menjadikan masalah yang berarti.

Untuk para designer, engineer dan arsitek, ZWCAD mungkin bisa dijadikan software alternatif untuk menggantikan AutoCAD. karena Produk keluaran ZWSOFT ini memiliki harga yang lebih terjangkau, ukuran yang kecil dan ringkas dan yang terpenting sudah berlisensi permanen, user interface yang 90% sama dan zwcad kompatibel dengan AutoCAD jika anda adalah salah satu pengguna AutoCAD.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *